KEBERHASILAN TERGANTUNG KERJA KERAS KITA




Keberhasilan adalah hal yang sangat diinginkan bagi seluruh manusia yang ada di  jagat raya , baik itu keberhasilan di Dunia maupun keberhasilan sesudah kehidupan di Dunia yaitu kehidupan Akhirat bagi yang mempercayai ada kehidupan sesudah kehidupan di Dunia.

Meraih keberhasilan tentunya tidak semudah membalikan telapak tangan, artinya keberhasilan tidak dapat diperoleh dengan instan, meraih keberhasilan butuh kerja keras. Namun untuk meraih keberhasilan pun tidak sesulit menggenggam matahari, artinya bahwa keberhasilan dapat diperoleh seluruh manusia karena bukan hal yang absurd.. 

Seperti yang tercantum dalam salah satu kaidah Ushul Fiqih dijelaskan, bahwa Al Ujroh Biqodril Masaqqoh yang artinya " Hasil itu tergantung proses," artinya jika proses kita kurang sempurna maka hasil yang kita peroleh akan kurang sempurna begitu juga sebaliknya jika proses kita sempurna maka sempurna lah hasilnya.

Jika memang demikian, bagaimana dengan seseorang yang sudah melakukan proses yang luar biasa dan sempurna, namun seseorang tersebut tidak meraih hasil yang sempurna dan luar biasa, dan justru hasil yang diperoleh adalah hasil yang tidak diinginkan, apakah kaidah Ushul Fiqih tersebut masih berlaku ?

Menurut Al Ustadz Lili Mahali yang merupakan salah satu guru di Pondok Pesantren Riyadussalikin Padaherang, beliau menjelaskan bahwa " Lafadz Al Ujroh dalam kaidah tersebut (Ushul Fiqih) bermakna Dunia dan Akhirat serta Dzohir  dan Bathin artinya jika kita tidak memperoleh hasil yang kita inginkan di Dunia maka kita akan memperoleh hasilnya kelak di Akhirat, karena Allah Maha Mendengar lagi Maha Membalas. Jangan kalian beranggapan bahwa Allah tidak Adil, Allah itu Maha Adil dan Maha Penyayang, belum tentu hasil yang kita inginkan di Dunia dapat membuat kita bahagia dan bermanfaat bagi kita, Allah Maha Mengetahui yang mana yang terbaik untuk umat-Nya, " ujar beliau begitu padat dan jelas.

Keseimpulannya, bahwa Allah lebih mengetahui mana yang terbaik untuk umat-Nya, namun jangan berputus asa jika kita tidak memperoleh hasil yang kita inginkan, tetap optimis dan bersemangat karena yang Allah nilai bukan hasil, namun proses yang ditempuh untuk menuju keberhasilan.

Wa allahu A'lam Bi Showab

Semoga Bermanfaat....

Sandy SAUFI

3 Responses to " "

Ingin Jadi Orang Beruntung? Jangan Bingung, Ini Caranya!

Ini lho kiat-kiat jadi orang beruntung Gambar ini dilansir dari website pngtree.com Siapa yang tidak ingin menjadi orang yang beruntung di...

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel